Minggu, 28 Oktober 2018

Silahkan kalian kerjakan beberapa soal berikut. Silahkan dikerjakan di buku catatan & ini sebagai tugas ketiga. Penilaian tugas, akan saya lakukan setelah PPG saya selesai (kemungkinan minggu depan atau awal november). Jadi pastikan setiap tugas telah dikerjakan dengan baik.

MATERI TUGAS: USAHA, ENERGI & DAYA

Silahkan kalian kerjakan beberapa permasalahan/pertanyaan berikut. Kalian bisa browsing di internet atau dari buku materi fisika. Tugas ini berlaku untuk satu minggu kedepan.

1. Pada tugas sebelumnya, kalian sudah mencatat materi tentang usaha dan energi. Coba kalian pahami peristiwa berikut: Suatu sore kalian bermain bola bersama teman kalian di lapangan. Saat kalian akan menendang bola (bola dalam kondisi diam), kemudian kalian tendang dengan menggunakan gaya tertentu sehingga bola melesat dengan kelajuan tertentu. Dari peristiwa diatas, coba analisislah:
  (a) Adakah energi mekanik yang dimiliki bola sebelum ditendang? Bila ada sebutkan energi apakah itu?
  (b) adakah energi mekanik yang dimiliki bola setelah ditendang? Bila ada sebutkan energi apakah itu?
  (c) Apakah terjadi perubahan energi pada bola sebelum dan sesudah ditendang? Coba jelaskan (gunakan pont (a) dan (b) untuk menjawabnya
  (d) Adakah usaha yang kalian lakukan pada bola tersebut? Coba kalian jelaskan.

2. Setiap perubahan energi yang terjadi pada benda, pasti terdapat usaha yang diberikan pada benda tersebut. Inilah yang disebut sebagai teorema usaha dan energi dimana besarnya usaha yang dilakukan pada suatu benda dapat mengubah besar energinya. Cobalah kalian analisis, terjadi perubahan energi apakah akibat usaha yang dilakukan pada peristiwa berikut:
(a) Bola yang dilempar ke atas => terjadi perubahan dari usaha menjadi energi ......
(b) Paku yang dipukul dengan palu => terjadi perubahan dari usaha menjadi energi .....
(c) Mendorong mobil yang mogok => terjadi perubahan dari usaha menjadi energi .....

3. Mobil yang bermassa 1.5 ton (1500 kg) mogok. Mobil tersebut didorong oleh tiga orang dengan gaya total (F) sebesar 500 N sehingga mobil berpindah sejauh 10 meter hingga akhirnya mobil dapat berjalan dengan kecepatan tertentu. Coba kalian hitung:
(a) usaha yang dilakukan oleh ketiga orang tersebut
(b) Kecepatan mobil sesaat berpindah 10 meter

4. Bola kasti bermassa sekitar (m) 0,1 kg dijatuhkan bebas tanpa kecepatan awal (v0 = 0 m/s). Apabila ketinggian bola saat dijatuhkan adalah (s = h) 3 meter dan percepatan gravitasi bumi saat itu (g) 10 m/s2, hitunglah:
(a) Usaha yang dilakukan gaya gravitasi terhadap bola
(b) Energi potensial bola saat tepat akan dijatuhkan

5. Apakah yang dimaksud dengan daya (power) terkait dengan besar usaha atau energi yang dikeluarkan atau dihasilkan? Tuliskan pula rumus daya?

6. Apakah yang dimaksud dengan efisiensi? Tuliskan pula rumus efisiensi terkait dengan usaha atau energi?

0 komentar :

Posting Komentar