Minggu, 14 Oktober 2018

Para siswa kelas X TKR yang saya cintai, untuk tugas yang kedua ini silahkan kalian kerjakan soal-soal berikut dengan baik. Silahkan kalian kerjakan di dalam buku catatan. Tugas ini berlaku untuk satu minggu

Penilaian untuk tugas ini, akan saya lakukan setelah saya menempuh PPG yang saya jadikan sebagai penilaian tugas pertama. Jadi saya harap, tidak ada yang terlewatkan untuk dikerjakan dan akan saya jadikan absensi.

========================================================================

TUGAS FISIKA KELAS X TKR

MATERI: Gaya & Hukum Newton.

Kerjakan soal-soal berikut:

1. Secara garis besar, gaya-gaya yang ada di alam ini dapat dikatagorikan menjadi gaya sentuh dan gaya tidak sentuh. Gaya sentuh adalah gaya yang memerlukan sentuhan langsung agar tampak efek yang ditimbulkan. Sedangkan gaya tidak sentuh adalah gaya yang tidak memerlukan sentuhan langsung sudah tampak efek yang ditimbulkan. Cobalah kalian tentukan contoh-contoh dari gaya sentuh dan gaya tidak sentuh tersebut !

2. Hukum yang mendasari tentang interaksi gaya-gaya yang terjadi pada benda adalah hukum Newton. Tuliskan 3 hukum Newton tersebut, beri penjelasan dan tuliskan rumusnya!

3. Tuliskan 3 contoh peristiwa yang menunjukkan adanya Hukum I Newton !

4. Tuliskan 3 contoh peristiwa yang menunjukkan adanya Hukum II Newton !

5. Tuliskan 3 contoh peristiwa yang menunjukkan adanya Hukum III Newton !

6. Hukum II Newton menyatakan bahwa percepatan yang dialami benda akan sebanding dengan resultan gaya yang bekerja pada benda dan berbanding terbalik dengan massa benda. Cermati dua peristiwa berikut:  a) Seorang anak yang mendorong lemari yang memiliki massa 40 kg. b) dua orang anak yang mendorong lemari tersebut yang bermassa 40 kg. Dari dua peristiwa tersebut, manakah yang akan membuat percepatan gerak lemari yang lebih besar? Jelaskan!

7. Tiga orang anak mendorong mobil mogok dari belakang.

Masing-masing anak mampu memberikan gaya sebesar F1 = 150 N, F2 = 200 N dan F3 = 150 N. Apabila massa mobil tersebut sekitar 500 kg. Hitunglah besar percepatan gerak mobil yang dihasilkan !

8. Terdapat dua buah balok yang memiliki massa yang sama, mA = mB = 2 kg yang ditarik dengan gaya  F = 20 N seperti pada gambar (a) berikut:
Bila tiba-tiba balok mA yang berada diatasnya terjatuh karena sesuatu hal dan balok tetap didorong dengan gaya sama F = 20 N seperti pada gambar (b). Analisislah:
       a)  Sistem balok manakah yang akan memiliki percepatan yang lebih besar, gambar (a) atau gambar (b)
      b) Buktikan jawaban pada point a) diatas dengan menghitung nilai percepatan pada masing-masing sistem


9.  Dua buah balok yang berjajar bermassa masing-masing m1 = 3 kg dan m2 = 1 kg didorong dengan gaya F = 20 N pada balok pertama seperti pada gambar berikut:

    a) Bagaimanakah percepatan yang dialami oleh balok 1 dan 2? Apakah sama ataukah berbeda? coba dilogika dengan sebaik-baiknya.
    b) Coba buktikan jawaban kalian pada point a) diatas dengan menghitung besar percepatan yang dialami kedua balok.


10.  Sepeda motor beserta pengendaranya yang memiliki massa (m) totalsekitar 150 kg dalam keadaan berhenti (v1 = 0) karena lampu lalu lintas berwarna merah. Setelah lampu lalu lintas berubah menjadi hijau, ia langsung memuntir gas sehingga sepeda motor mampu melaju lebih cepat. Apabila mesin sepeda motor tersebut  menghasilkan gaya dorong (F) sebesar 300 N. Hitunglah besar kecepatan sepeda motor tersebut setelah digas selama (t) 10 detik!

langkah pengerjaan:
> Coba kalian hitung percepatan sistem dengan rumus hukum II newton
 
> Hitung besar kecepatan sepeda motor dengan rumus GLBB:
 



0 komentar :

Posting Komentar